The Gamers - XP

Tips & Trik Seputar Game dan Teknologi

Rabu, 12 Februari 2014

Perbedaan CPU, GPU dan APU






Terdapat berbagai istilah komponen komputer yang mungkin membingungkan bagi sebagian orang. Misalnya saja APU, CPU dan GPU. Apa perbedaannya? Jika kamu tidak mengetahui perbedaan APU, CPU dan GPU, maka kamu tidak dapat memahami apa yang dimiliki sebuah komputer.Setiap komponen memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga pemahaman mengenai setiap komponen akan membantu kamu ketika akan membeli komputer, atau menambah pengetahuan kamu mengenai komputer.

  • CPU
Kita mulai dengan yang paling mudah. CPU adalah singkatan dari Central Processing Unit. Chip ini berfungsi menjalankan setiap hal yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah proses. Tanpa CPU, komputer tidak dapat berfungsi. CPU menjalankan setiap proses seperti loading OS, menjalankan perintah untuk menjalankan kalkukasi di Excel atau software lainnya dan sebagainya.


Video games memakan banyak proses dari CPU dan biasanya menentukan kalkulasi khusus untuk game. CPU tersedia dalam berbagai jenis, mulai dari single-core 1.0 Ghz, hingga 8-core 4.0 Ghz. Sebagian CPU memiliki teknologi yang berbeda, seperti Intel Hyperthreading, dimana CPU yang memiliki 4 inti (core) dianggap memiliki8 inti (core) oleh sistem operasi, sehingga kamu bisa memaksimalkan penggunaan CPU 4 core.
  • GPU
GPU adalah singkatan dari Graphical Processing Unit, komponen yang memproses tampilan di layar kamu. Komputer dapat berfungsi tanpa GPU, namun tidak dapat menampilkan apapun di monitor. GPU tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, berbentuk lempengan atau yang sering disebut card dan dapat kamu colok ke dalam slot PCI-Express pada desktop, hingga berbentuk chip yang disebut integrated graphic chip.


Perbedaan antara CPU dan GPU adalah GPU khusus untuk memproses grafis yang membutuhkan hingga milyaran kalkulasi per detik. Jumlah core yang dimiliki GPU tergantung masing-masing vendor. nVidia biasanya memiliki spesifikasi tinggi pada setiap chip meski jumlahnya tidak banyak, sementara GPU dari AMD memiliki banyak chip untuk meningkatkan performanya. Kartu grafis high-end biasanya memiliki 68 core untuk nVidia, sementara AMD memiliki hingga 1500 core.
  • APU
Nah, setelah memahami pengertian CPU dan GPU, tentunya akan lebih mudah memahami APU. APU adalah singkatan dari Accelerated Processor Unit yang merupakan gabungan dari CPU dan GPU. Komponen ini bertujuan untuk memberikan processing yang lebih cepat karena kedua komponen dapat terhubung dengan lebih cepat, ditambah lagi bentuknya yang lebih kecil dan efisien.


APU secara umum tidak memberikan kepuasan bagi pengguna tingkat lanjut, namun cukup untuk pengguna awam dan tingkat menengah dengan kebutuhan processor yang tidak terlalu tinggi. Meski dapat digunakan untuk komputer, APU lebih direkomendasikan untuk perangkat mobil, laptop atau PC low-end.

Nah, itulah perbedaan CPU, GPU dan APU yang mungkin membingungkan untuk kamu. Manakah yang lebih baik? Tergantung dari kebutuhan dan tentunya budget kamu. Tentunya artikel ini dapat membantu kamu untuk membantu memahami komponen mana yang lebih cocok untuk kamu.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar