The Gamers - XP

Tips & Trik Seputar Game dan Teknologi

Kamis, 05 Juli 2018

Cara Mengetik dengan Suara di Android Maupun PC


Pada era modern seperti ini penggunaan komputer maupun smartphone melonjak tinggi. Kenapa? karena semua alat tersebut telah memudahkan pekerjaan manusia salah satunya adalah mengetik dokumen. Terutama bagi siswa maupun mahasiswa seringkali diberikan tugas mengetik makalah ataupun laporan oleh guru atau dosen. Originalitas merupakan salah satu aspek penilaian dari tugas-tugas tersebut, oleh karena itu kalian pun terpaksa mengetik tugasnya.

Masalah yang dihadapi saat mengetik yaitu rasa malas dan lelah dengan tugas yang ada. Kalian pingin tugas ini cepat selesai dengan menjaga keoriginalnya tanpa capek mengetik. Masalah ini bisa diselesaikan dengan memanfaatkan website SpeechTexter. Website ini bisa membantu kalian para siswa maupun mahasiswa melewati masa susah seperti ini, karena ini website dapat mempercepat tugas kalian.

SpeechTexter merupakan salah satu website yang bisa mengubah suara yang kita hasilkan menjadi tulisan. Web ini memiliki kelebihan yaitu tingkat akurasi 90%, didukungnya banyak bahasa termasuk Bahasa Indonesia dan bisa digunakan lewat PC melalui web maupun android melalui aplikasinya. Selain kelebihan, web ini juga memiliki kekurangan yaitu diperlukannya koneksi internet untuk penggunaannya walaupun tidak menggunakan banyak data internet dan hanya mendukung browser Google Chrome.

Hal yang perlu disiapkan untuk menggunakan layanan ini adalah koneksi internet dan mikrofon (headset). Inilah langkah-langkah menggunakan SpeechTexter.
  • Bukalah Google Chrome jika menggunakan PC/Mac lalu masuk ke website SpeechTexter.com. Jika menggunakan Android download dulu aplikasinya → SpeechTexter, lalu dibuka aplikasinya. (Diperlukan koneksi internet)

  • Setelah dibuka web ataupun aplikasinya, dipilih dulu input bahasanya. Pada web atau aplikasi ini tersedia berbagai macam bahasa termasuk Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris.

  • Selanjutnya kalian pilih start pada Chrome atau ikon mikrofon di Android.

  • Lalu kalian tinggal berbicara ke mikrofon dan SpeechTexter akan mengubah suara tersebut menjadi tulisan. Disarankan menggunakan mikrofon eksternal seperti pada headset dan lain-lain, walaupun di setiap laptop (tidak termasuk PC) dan smartphone android mempunyai mikrofon internal. Hal ini untuk memaksimalkan tingkat keakuratan dari suara yang kalian keluarkan.

  • Kalian bisa menyimpan hasilnya dengan format txt atau kalian bisa mengcopy-nya ke microsoft word.

Itulah life hack untuk mempermudah perkerjaan kita dengan memanfaatkan suara menjadi tulisan. Semoga bermanfaat bagi kalian semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar