The Gamers - XP

Tips & Trik Seputar Game dan Teknologi

Rabu, 12 Februari 2014

Cara Mudah Melindungi Android dari Malware

Malware di Android merupakan salah satu ancaman yang ditakuti oleh pengguna Android. Setiap harinya, jumlah malware Android berkembang pesat dan biasanya dapat menyusup tanpa kita ketahui, menginfeksi dengan tujuan merusak, mencuri data atau melakukan remote/ pengendalian jarak jauh.

Efek malware Android bisa berbeda-beda, mulai dari yang tidak terlalu mengganggu hingga sangat mengganggu pengguna ketika melakukan kegiatan menggunakan perangkat Android. Untuk itu, kamu perlu mengetahui ciri Android yang terkena malware.

Salah satu cara untuk terhindar dari malware adalah dengan menggunakan antivirus untuk Android. Namun, malware Android juga terus berkembang dan bukan tidak mungkin malware dapat menembus pertahanan antivirus. Berikut ini beberapa cara agar Android terhindar dari malware :
  • Malware biasanya berasal ketika kita menginstall aplikasi atau game yang mengharuskan untuk mendonlot file tambahan. Lebih amannya, download langsung aplikasi dari Google Play dan lihat juga reputasi pembuat aplikasi tersebut. Kamu bisa cek review penggunanya di Google Play atau rating yang diperolehnya.
  • Gunakan antivirus Android.
  • Hati-hati dalam menerima fitur-fitur yang ditawarkan aplikasi-aplikasi tertentu, ada baiknya kamu mempelajari terlebih dahulu sebelum mengeklik agree atau confirm.
  • Menggunakan wifi gratis dari tempat-tempat umum bisa juga berpotensi berbahaya, banyak malware masuk lewat kerentanan keamanan dari jaringan tersebut.
  • Lakukan update, pastikan utk lakukan patch memakai software yg asli di perangkat Android kamu. Cermati juga software layaknya java serta flash, yg mengatur fitur updatenya sendiri, di luar pembaruan sistem operasi biasa. Belakangan java juga jadi tujuan cybercrime serta menyebabkan banyak komputer yg terinfeksi.
  • Lakukan Back up berkala untuk jaga-jaga ada baiknya kamu melakukan ini. Setidaknya ketika nanti kamu androidmu terkena malware dan harus di-wipe, kamu tidak akan kehilangan data-data penting. Mudahnya, kamu bisa simpan data kamu di cloud storage seperti Google Drive
Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar