The Gamers - XP

Tips & Trik Seputar Game dan Teknologi

Kamis, 10 Juli 2014

Al Quran Berusia Ratusan Tahun Ada di Solo




Sebuah Al Quran langka tersimpan di Masjid Fatimah, Solo, Jawa Tengah. Selain ukuran yang besar, seluruh hurufnya ditulis dengan prada emas, sedangkan covernya terbuat dari kulit sapi yang disamak.

Al Quran tersebut diperkirakan sudah berusia sekitar 200 tahun. Kitab suci umat Islam itu merupakan pemberian Keraton Surakarta.


Masjid Fatimah adalah salah satu Masjid yang terletak di Kampung Kali Larangan, Laweyan, Solo. Dalam keadaan terbuka, panjang kitab suci ini mencapai 1,4 meter dan lebar 1,8 meter, dengan ketebalan 30 centimeter, dan berat sekitar 100 kilogram.

Husni Tamrin, pengurus masjid tersebut, mengatakan Al Quran ini merupakan pemberian seorang pengusaha di solo, yang konon dibuat pada zaman pemerintahan Paku Buwono X dari Keraton Surakarta sekitar tahun 1800-an.

“Seluruh huruf Al Quran itu merupakan hasil tulisan tangan dan ditulis dengan tinta emas. Cover Al Quran terbuat dari kulit sapi yang disamak dan khusus didatangkan dari Arab,” ungkapnya.

Meski sudah berusia sekitar 200 tahun, bukan berarti Al Quran ini dipamerkan di ruang masjid dan semua pengunjung dapat membacanya, meski harus dengan cara berdiri karena besarnya Al Quran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar