The Gamers - XP

Tips & Trik Seputar Game dan Teknologi

Selasa, 01 Juli 2014

Cara Mengatasi Komputer yang Lemot


Sering kali kita dihadapkan dengan performa komputer yang cenderung melambat setiap waktunya, padahal kita tidak merasa melakukan hal yang salah, tapi entah kenapa komputer berjalan sangatlah lambat.

Sejatinya, Komputer tidak akan berjalan lambat jika kita tau cara penanganannya, yaitu dengan mengetahui penyebab yang membuat komputer tersebut berjalan lambat, Misal seperti ketika membuka Explorer sangat lambat atau ketika membuka suatu program membutuhkan waktu yang cukup lama.
Nah, oleh karena itu, kita perlu mengetahui dulu apa yang menyebabkan komputer itu berjalan lambat.
  • Terlalu Banyak Menginstal Program atau Aplikasi
    Ini menjadi salah satu masalah utama kenapa komputer kamu berjalan lambat. Perlu diingat, cukup instal program yang memang benar-benar kamu gunakan, dan segera hapus program yang dirasa tidak perlu atau tidak pernah kamu gunakan, ini dapat mengurangi ruang kerja CPU kamu sehingga performa komputer dapat kembali optimal.
    Caranya mudah, Cukup masuk ke Control Panel, lalu klik "Add/Remove Programs", pilih Program yang ingin kamu hapus dan yang dirasa tidak perlu ada.
  • File temp. yang Terlalu Besar
    Mungkin banyak yang belum tau tentang file temp., Ini adalah salah satu folder yang menyimpan seluruh aktifitas pekerjaan kita di komputer. Jika kamu memainkan komputer terus-menerus, maka jangan heran jika seiring berjalannya waktu komputer kamu menjadi lambat, itu disebabkan karena penuhnya isi dari temp. tersebut.
    Untuk mengakalinya, kamu hanya perlu menggunakan Software Utilities seperti CCleaner, Download.

  • Spesifikasi Komputer Lebih Rendah dari yang Dibutuhkan Program
    Ini permasalahan klasik. Tentu kamu harus tau sebuah spesifikasi yang benar dibutuhkan oleh suatu Program, tentu saja kamu tidak bisa memaksakan menginstal Adobe Premiere Pro di sebuah komputer yang masih mengusung Pentium III.
    Solusinya, silahkan cari jalan keluarnya dengan memeriksa kebutuhan dan menggantinya dengan spesifikasi yang memang pas dan cocok untuk menjalankan program tersebut.
  • Kerusakan Pada Komponen CPU
    Ini bisa juga menjadi salah satu faktor lainnya, dengan tidak bekerja secara normal, dampaknya-pun akan terasa ketika kamu menggunakan komputer, bahkan bisa terjadi hang. Misal, Cooling Fan Processor kamu tidak berjalan sempurna, kemungkinan overheat akan terjadi, sehingga kinerja processor menjadi tidak maksimal, dan dampaknya pun akan sangat terasa.
    Solusinya, Silahkan periksa lebih dalam komponen apa yang kira-kira rusak dan tidak bekerja optimal, lalu ganti dengan komponen yang baru. Dengan tidak memaksakan komponen yang rusak terus bekerja akan membuat kelangsungan hidup komputer kamu lebih bertahan lama.
  • Terserang Virus
    Ini juga menjadi masalah lama, Sudah bisa dipastikan jika komputer yang tadinya Normal tiba-tiba menjadi lambat, Virus bisa menjadi faktor yang paling cocok untuk disalahkan.
    Solusinya, Lakukan Full scan dengan Antivirus yang up to date, telusuri setiap Hard Drive yang ada, dan pastikan bahwa tidak ada satu-pun virus yang tersisa.
  • Masalah Overheat
    Hal ini sering sekali terjadi pada laptop, dikarenakan kipas pendingin yang terdapat pada laptop memang tidak sebagus yang ada di PC. Terutama jika kamu menjalankan Program berat, seperti Game PES 2014 atau Battlefield dengan Spesifikasi laptop yang pas-pasan, tentunya Overheat akan segera menghantui, dan tidak heran kalau tiba-tiba komputer kamu menjadi lambat.
    Solusinya, Gunakan Cooling pad yang bagus, agar hawa panas dapat dihilangkan. Namun jika masih panas, jangan mainkan Program atau Game tersebut dalam waktu yang lama, beri jeda waktu untuk istirahat.

1 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus