The Gamers - XP

Tips & Trik Seputar Game dan Teknologi

Sabtu, 04 Agustus 2018

Kelebihan Google Drive, Tempat Penyimpanan File Masa Kini


Saat ini penyimpanan file sangat penting bagi kita semua, dan makin hari makin bertambah besar permintaannya. Mulai dari aplikasi atau software yang digunakan sehari-hari, file windows, hingga game yang memerlukan kapasitas penyimpanan yang tidak sedikit. Hal ini akan membuat masalah ketika kalian ingin menyimpan dokumen penting, foto, hingga video tetapi kapasitasnya tidak cukup. Selain itu hard disk atau SSD yang dipakai untuk menyimpan file tersebut mempunyai batasan umur pemakaian. Jika umur dari hard disk atau SSD habis, maka file yang ada di dalamnya pun akan hilang. Cara memprediksi umur HDD kalian bisa melihat artikel disini. 

Hal-hal seperti itulah yang membuat kita takut akan kehilangan file penting. Itulah pentingnya backup  file (cadangkan) secara rutin, mau ke hard disk eksternal, flashdisk, maupun cloud storage. Pilihan tempat backup ini mempunyai kelebihan maupun kekurangannya tersendiri. Hard disk eksternal mempunyai kelemahan yaitu rawannya kehilangan data jika terjatuh ataupun tergoncang, sedangkan flashdisk gampang hilang. Karena alasan tersebut kita akan lebih memilih cloud storage salah satunya adalah Google Drive. Berikut merupakan kelebihan Google Drive dari media penyimpanan lainnya.

  • Layanan penyimpanan yang berbasiskan cloud
Google Drive merupakan salah satu layanan penyimpanan yang berbasiskan cloud, dimana file yang di upload akan tersimpan di server storage Google. File tersebut dapat diakses dimana pun dan di device manapun asalkan ada internet, sehingga data yang ada tidak mudah hilang karena tidak perlu membawa flash disk, dan tidak mudah rusak.

  • Gratis 15 GB penyimpanan
Inilah salah satu kelebihan Google Drive dibandingkan dengan cloud storage lainnya. Google memberi gratis 15 GB penyimpanan, dan selain itu foto yang disimpan tidak termasuk dari 15 GB tersebut asalkan dengan resolusi tinggi. Sehingga kalian bisa menyimpan foto sebanyak apapun tanpa memikirkan berkurangnya kapasitas penyimpanan. Dibandingkan dengan cloud storage lainnya kapasitas gratis Google Drive merupakan yang paling besar, misalnya Dropbox kalian hanya diberi 2 GB gratis kapasitas penyimpanan, dan OneDrive yang hanya memberi 5 GB gratis kapasitas penyimpanan.

  • Google Drive mempunyai server storage yang bermutu walaupun gratis
Google Drive memiliki server storage yang paling mantap menurut saya, karena kecepatan mendownload file yang ada sama kecepatannya dengan kecepatan internet anda. Seperti contoh gambar di atas, yang satu download file dari Google Drive dan satunya lagi dari Uptobox. Meskipun file yang di download sama, dan memakai koneksi internet yang sama dengan kecepatan yang sama pula tetapi pada saat download file tersebut kecepatannya berbeda. Itulah mengapa server storage berpengaruh dan Google Drive memiliki server storage yang bermutu.

  • File yang tersimpan tidak akan hilang
File yang sudah kalian simpan di Google Drive akan terjamin keamanannya. File tersebut tidak akan corrupt atau rusak ataupun hilang karena tersimpan di server storage Google. Walaupun bergitu terdapat hal yang membuat file kalian hilang yaitu kalian lupa dengan email dan password Google Drive kalian atau Google akan menutup layanan Google Drive.

Itulah dia beberapa kelebihan Google Drive yang sangat bermanfaat bagi yang membutuhkan tempat penyimpanan yang gratis dan aman. Semoga kalian dapat memanfaatkan Google Drive dalam hal yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar